UJOH BILANG – Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun, M.Si membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan Produk Kerajinan Berbahan Baku Lokal di Kabupaten Mahulu di Lamin Adat Ujoh Bilang. Rabu (22/06/2022).

Kegiatan yang difasilitasi oleh Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Mahulu atas kerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 22-24 Juni 2022.

Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME yang dibacakan oleh Wabup Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si mengatakan, bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat sebagai mata pencaharian serta untuk meningkatkan penghasilan  dan memperbesar peluang melalui pengembangan usaha mikro kecil dan menengah bagi masyarakat.

“Hal ini tentu sangat bermanfaat sebagai mata pencaharian, hal ini pun telah diwariskan oleh nenek moyang kita untuk tetap menjaga dan melestarikan kekayaan alam sesuai dengan proporsi dan kebutuhan sebagai mata pencaharian, dan atas hal ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh saudara pengrajin, karena tetap menjaga dan melestarikan sumber daya alam kita, dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, terlebih di dalam kondisi usai Pandemi ini.”jelas Wabup

Wabup juga menyampaikan dukungannya dalam kegiatan bimtek tersebut karena sejalan dengan arahan Presiden RI dalam memanfaatkan dan membangkitkan produk-produk lokal.

“Saya sebagai Kepala Daerah mendukung penuh atas pelatihan ini, kita harus benar-benar memanfaatkan dan menggali potensi kerajinan lokal, sebagai peningkatan kesejahteraan dan penggerak roda ekonomi di kabupaten mahakam ulu, atas hal ini saya berharap melalui bimtek ini akan muncul inovasi dan bervariasinya jenis-jenis kerajinan  yang ada di kabupaten dengan dapat menambah penghasilan para pengrajin  sehingga kesejahteraan para pengrajin meningkat,”lanjut Wabup

Dalam laporan Ketua Panitia Drs. Supriyadi menyampaikan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan ilmu untuk peserta yang mengikuti.

“Kegiatan ini kami selenggarakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan ilmu sehingga bisa mengembangkan usahanya di bidang kerajinan usaha-usaha baku yang ada di kabupaten mahakam ulu khususnya yang ada di ujoh bilang dengan narasumber dari samarinda yang pensiunan UPTD pelatihan koperasi, bapak Yunus staf UPTD”, terang Drs. Supriyadi

Turut hadir Kepala Dinas Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur H. Mujayin, SE.,M.Si serta perwakilan Disparpora serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Mahulu

Peserta Bimbingan Teknis berjumlah 25 orang yang semuanya merupakan ahli di bidang usaha kerajinan rotan ini. Peserta dibimbing untuk praktek membuat barang-barang kerajinan berbahan baku rotan dan kayu selama tiga hari. Hasil dari bimtek tersebut peserta sudah bisa membuat berbagai produk anyaman rotan, diantaranya vas bunga, pot bunga, keranjang buah, kelbit, ulu parang serta berbagai jenis kerajinan lainnya. (Prokopim/Nha/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here