JAKARTA- Sebagai salah satu upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Mahakam Ulu (Mahulu), Pemerintah Kabupaten (Pemkab), dalam hal ini Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, menjajaki kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI). Demikian tersirat saat dilakukan pertemuan antara Bupati dan jajarannya dengan pihak UI di Kampus UI di Jakarta, Kamis (31/3/2022). 

Pertemuan yang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mahulu ini, dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Mahulu DR.Stephanus Madang Kepala BKPP Mahulu Wenefrida Kayang, Kebag Prokopim Yosef Sangiang, Kebag Umum Fahrial Ansori.

Bupati mengaku sangat antusias dan bangga, karena bisa langsung datang ke Kampus UI, dalam rangka membicarakan, hal-hal apa saja yang bisa bersama-sama Pemkab Mahulu dan UI, Disebutkan, kerjasama dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan dan yang utama peningkatan SDM di kabupaten mahulu. 

“Kedatangan kami ke UI ini, tidak lain hanya semata-mata untuk lebih mengembangkan kerjasama dalam dunia pendidikan. Terutama hari ini bisa datang ke UI ini merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa, karena pastinya segala bentuk kerjasama yang kami peroleh nanti dari UI, bisa menjadi sebuah keutamaan tersendiri. Atas dasar nama besar UI, baik secara nasional maupun internasional,” katanya. 

Bupati menambahkan, perguruan tinggi  yang dalam hal ini, UI merupakan lembaga yang sangat strategis dan berkompeten dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah. Khususnya di Kabupaten Mahulu, terutama dalam bidang pendidikan. 

“Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh UI, seperti SDM yang sangat memadai. Saya berharap, melalui kerjasama yang sudah yang dijalin ini, benar-benar dapat mengambil peran dan memberikan kontribusi terbaik bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Mahulu. Ini sebagaimana visi ketiga Pemkab Mahulu; Mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, sejahtera, bermartabat dan berdaya saing tinggi,”ungkap Bupati. 

Oleh karena itu, Pemkab Mahulu terus berupaya melakukan sejumlah kerja sama untuk meningkatkan pembangunan SDM Mahulu. Salah satunya kerja sama yang tengah dijajaki yaitu dengan UI sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. 

“Kami sangat merespon program kerja sama dengan UI, khususnya Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) karena kebijakan pendidikan dan investasi sumber daya manusia adalah salah satu leading sector kebijakan pembangunan di Kabupaten Mahulu,” ucapnya. 

Bupati menargetkan, sebanyak mungkin putra-putri dari daerahnya untuk melanjutkan kuliah di kampus UI. Meskipun untuk saat ini pihaknya memprioritaskan aparatur daerah, terutama untuk program pascasarjana baik magister maupun doktoral. 

“Peluang ini saya pandang sebagai sesuatu yang perlu direspon cepat agar daerah mempunyai akses terhadap lembaga perguruan tinggi. Karena itu, harapan saya agar kerja sama ini segera terbangun. Mudah-mudahan secepatnya kita tuntaskan MoU-nya,” ujarnya. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi UI Prof. Dr. Chandra Wijaya mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana Pemkab Mahulu dalam hal ini Bupati Mahulu, yang datang langsung, untuk melakukan investasi dan peningkatan sumber daya manusia bagi ASN di lingkungan Pemda Mahulu dan juga non ASN, terutama untuk putra-putri terbaik di Mahulu. 

“Kami sebagaimana tugas dan fungsi perguruan tinggi, akan mendukung Pemda Mahulu di bidang Tri Dharma perguruan tinggi baik pendidikan, pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat, khususnya di bidang ilmu administrasi,” ungkapnya. 

Prof Chandra menjelaskan, program S1, S2, maupun S3 di FIA UI tersebut bisa diikuti oleh para pegawai baik yang PNS atau Non PNS atau jajarannya pegawai di lingkungan Pemkab Mahulu lainnya. Mereka bisa mengikuti perkuliahan melalui platform yang sudah disediakan oleh UI yang bernama ‘Center for Independent Learning’. 

“Untuk program magister yang sudah disepakati, yakni terkait  administrasi perpajakan, retribusi daerah, pengelolaan aset daerah dan banyak lagi lainnya. Ini untuk meningkatkan potensi daerah atau PAD ke depan. Selain itu, juga administrasi keuangan daerah sangat penting,” jelasnya. 

Prof. Chandra menambahkan, bahwa perkuliahan di UI pada masa pandemi akan menggunakan ‘blended learning‘ atau menggabungkan antara kuliah offline dan online yang tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. 

UI sendiri saat ini sudah mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru, untuk pendaftaran melalui SIMAK UI paling lambat pada Juli 2022. 

“Karena itu, sambil secara paralel kami mempersiapkan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara FIA dengan Pemda Mahulu, kami juga akan melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru untuk semua program yang ada,”tandasnya.(Prokopim/td/aim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here