UJOH BILANG – Tanggap pasca terjadinya banjir di dua kecamatan hulu riam, Kecamatan Long Pahangai dan Kecamatan Long Apari, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu), menyalurkan Bantuan berupa kebutuhan sehari-sehari sembako, selimut, karpet dan kelambu bagi warga terdampak.

Menyalurkan Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh, Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME di Balai Adat Kampung Long Lunuk, Kecamatan Long Pahangai. Rabu (21/9), Siang.

Saat bertatap muka dengan Warga Kampung Long Lunuk, Bupati Mahulu menyampaikan sangat prihatin, karena menurut data dari BPBD, banjir yang terjadi pada tanggal 9 sampai dengan 10 September lalu, Kampung Long Lunuk dan Long Lunuk Baru yang sangat terdampak.

“Kedatangan kami ini dengan rombongan cukup lengkap, ada dari DPRD, Sekda, Dinas Sosial, BPBD, BPKAD, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, inilah bentuk perhatian Pemerintah kepada masyarakat terdampak banjir yang berada di dua kecamatan hulu Riam,” ungkap Bupati.

Bupati juga, menyampaikan permohonan maaf bahwa karena kondisi akses yang tidak memungkinkan, waktu banjir melanda tidak bisa datang langsung.

“Namun hari ini kita langsung kesini, bukan hanya membagikan bantuan saja, kami juga akan menyerap aspirasi masyarakat, melalui dinas terkait apa-apa saja yang sangat urgent dibutuhkan pasca banjir melanda, tentunya kita berharap jangan sampai ada lagi seperti ini, ini bukan kehendak kita, namun kita harus tetap berhati-hati,” kata Bupati.

Dalam kesempatan ini juga Bupati menyampaikan apresiasi, bagi pihak-pihak yang sudah turut mengambil andil dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, seperti unsur TNI, Polri, Ormas dan sebagainya.

“Semoga apa yang kita upayakan hari ini, berupa penyerahan bantuan berupa sembako dan kebutuhan harian lainnya dapat meringankan beban warga terdampak, paling tidak dapat mencukupi kebutuhan beberapa hari pasca banjir melanda,” harap Bupati.

Sementara itu dipaparkan oleh Plt. Kepala Pelaksana BPBD Agus Darmawan, S.Pd., M.Si,  Untuk pembagian bantuan di kampung-kampung terdampak banjir di dua kecamatan hulu Riam, Kecamatan Long Apari ada 6 KK yang mendapatkan bantuan. 

Untuk Kecamatan Long Pahangai ada hampir semua kampung terdampak, dengan rincian Kampung Delang Krohong 33 paket bantuan, Long Pakaq Baru 130 paket, Long Pakaq 16 paket, Long Lunuk Baru 182 paket, Long Lunuk 122 paket, Datah Naha 5 paket, Naha Aruq 24 paket, Lirung Ubing 59 paket, Long Isun 41, Long Pahangai Satu 39 paket, Long Pahangai Dua 59 paket, Liu Mulang 63 paket, Long Tuyoq 19 Paket.

“Berdasarkan data yang tercatat selain rumah tangga yang terdampak ada juga fasilitas umum terdampak seperti PAUD/TK, SD, SMP, Puskesmas Pembantu, Gereja, Masjid, Kantor Petinggi, Mes petugas Pustu dan Pos Kamling,”ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk bantuan yang sudah disiapkan ada beras, gula, minyak goreng, kopi, mie instan lebih dari 500 paket, dan informasi juga Mahulu dapat bantuan sembako dari Provinsi ada 35 paket yang terdiri dari paket sembako dan paket peralatan sekolah.

“Masing-masing isi paket bantuan sembako terdapat 15 kg Beras, Gula 2 Kg, minyak goreng 2 liter, 4 bungkus kopi dan mie instan 1 Dus. Semoga dengan ada penyerahan bantuan ini, dapat meringankan  beban warga pasca banjir,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut mendampingi Bupati hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Mahulu Novita Bulan, SE. M.BA, Sekretaris Daerah DR. Stephanus Madang, S.Sos, MM, Kepala BPKAD Yohanes Andi Abeh, S.Sos.,M.Si, Plt. Kadis Sosial P2PA Petrus Juk, S.Sos, Plt Kadis Kesehatan P2KB dr. Petronela Tugan, M.Kes, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agus Darmawan, S.Pd., M.Si, Sekretaris DPMK Surianto, SE, Danramil Long Pahangai Mayor Infanteri Agus Sutanto, Kapolsek Long Pahangai AIDA Agus Winarto, Kabag Prokopim Christianus Arie Dedy Bang SE., M.Si.  (Prokopim/aim/td)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here