== Drs. Yohanes Avun, M.Si Sampaikan Pancasila Tidak Hanya Bisa Kita Ucapkan Saja, Perlu Kita Kenal, Pahami, Dan Kita Amalkan ==

 

SAMARINDA – Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun, M.Si menghadiri Deklarasi Jejaring Panca Mandala (JPM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan ikut menandatangani Nota Kesepahaman, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim. Kamis (6/10/2022)

Kegiatan yang Bertemakan Sinergitas Membumikan Pancasila Di Benua Etam ini dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Kaltim Hadi Mulyadi, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja sama Elfrida Herawati Siregar, Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan Hubungan Masyarakat dan Administrasi Sunoto Setyo, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov Kaltim HM Syirajudin, serta Kepala Kesbangpol Kab/Kota Sekaltim.

Deklarasi JPM ini Pertama Kalinya diselenggarakan di Provinsi Kaltim, yang ditandai dengan Penandatangan Nota Kesepahaman antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dan 10 Kabupaten/Kota di Kaltim.

“Saya menyambut baik sekali atas terbentuknya JPM Provinsi dan Kab/Kota Se Kaltim yang hari ini diinisiasi oleh BPIP, Insyaallah kami siap membumikan Pancasila di Kaltim,”Ungkap Wagub Hadi Mulyadi saat memberikan arahan di hadapan seluruh undangan yang hadir dalam deklarasi JPM.

Wakil Gubernur Hadi Mulyadi mengatakan Perlu Upaya lebih maksimal dalam memberikan pemahaman tentang sejarah perjuangan bangsa kepada generasi muda penerus bangsa, karena cikal bakal bangsa Indonesia untuk menjadi besar dan berdaulat ialah berlandaskan lima dasar yang disebut Pancasila.

“Persatuan dan Kesatuan Bangsa Harus dipertahankan serta Pancasila Harus dijaga dan itu diamanahkan kepada Jejaring Panca Mandala Provinsi serta Kab/Kota di Kaltim,” pungkasnya.

Sementara itu Usai mengikuti Deklarasi JPM dan ikut dalam penandatangan nota kesepahaman Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si. mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Mahulu Mendukung dan Siap Bergotong Royong Membumikan Pancasila dalam kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat.

Dikatakan juga oleh Drs. Yohanes Avun, M.Si. Pancasila adalah dasar negara yang memiliki nilai-nilai luhur bangsa, yang artinya Nilai-nilai luhur dalam gotong royong mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

“Oleh sebab itu Pancasila tidak hanya bisa kita ucapkan saja, Perlu kita kenal, pahami, dan kita amalkan. Maka, Mengenai pemahaman akan Nilai-nilai Pancasila ini harus kembali kita sosialisasikan lagi ke masyarakat mahulu dari tingkat SD sampai ke tingkat Tokoh Agama maupun Lembaga Adat,” ucapnya.

Terakhir Drs. Yohanes Avun, M.Si. berharap dengan terbentuknya JPM Tanaa Mekaam, ini menjadi awal pembentukan karakter bangsa di Kabupaten Mahulu,”harapan besar juga kedepannya melalui JPM Tanaa Mekaam bisa menguatkan, serta mengeratkan persatuan dan kerukunan antar masyarakat di Mahulu,”tutup orang nomor dua di Kabupaten Mahulu.

Adapun Jejaring Panca Mandala Tanaa Mekaam Kabupaten Mahulu antara lain dari unsur pemerintah Ferry Prayoga, S.Sos.,M.Si., Unsur Pendidikan Margareta Ulan, S.Pd., Unsur Media Fransiskus Kuleh, Unsur Ormas Paulus Nugroho Utomo, S.Pd., Unsur Pengusaha Mikael Paran, SH. (Prokopim/vta/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here