UJOH BILANG – Dalam rangka membangun kesiapsiagaan personil terhadap penggunaan peralatan dalam pencegahan dan penanganan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) menggelar In House Training Sarpras Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla). di halaman kantor DLH. Selasa (25/01/22)

Kegiatan yang di gelar DLH Mahulu berkerjasama dengan PT. Sarana Adi Nusantara (INDOSAN/SANFire) di buka oleh Wakil Bupati Drs. Yohanes Avun, M.Si yang mewakili Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME turut dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II), E. Tek Hen Yohanes, S.Pd, Kepala DLH, Solman, S.Hut, Direktur Utama PT. INDOSAN/SANFire, Hindra Kurniawan dan di ikuti anggota Brigade Dalkarhutla DLH.

Dalam sambutan Bupati Mahulu yang disampaikan Wabup Drs. Yohanes Avun,M.Si mengatakan, Pemkab Mahulu menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan In House Training Sarpras Dalkarhutla di Mahulu yang menghadirkan seluruh Anggota Brigade Kebakaran dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Besar harapan saya kegiatan ini memberikan manfaat kepada Anggota Brigade Kebakaran dalam dalam pencegahan dan penanganan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu,” Katanya 

Lebih lanjut disampaikan Wabup Drs. Yohanes Avun, M.Si, Hutan alami dan lestari yang dimiliki Mahulu memberikan tugas dan tanggung jawab yang besar baik bagi pemerintah, masyarakat dan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Untuk itu, penanganan Kebakaran menjadi hal penting yang harus dimiliki dengan didukung  oleh Kemampuan petugas dalam memberikan penangan sejak dini secara cepat, tepat dan sigap dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran baik di dalam Kawasan Hutan dan Sekitar Hutan atau Lahan.

“Karena itu kegiatan In House Training padi hari ini, saya anggap penting tentunya dalam rangka  sebagai bentuk penyadaran / Informasi dan penanganan bahaya kebakaran hutan tidak hanya bagi petugas tapi juga bagi seluruh stakeholder maupun masyarakat,”lanjut Wabup.

Wabup Drs. Yohanes Avun, M.Si berharap melalui kegiatan In House Training Sarpras Dalkarhutla saling bersinergi dalam mencegah dan menangani kasus kebakaran hutan  sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2004 pada Pasal 7 BAB II  Tentang Perlindungan Hutan.

“Saya mendukung terciptanya suatu wadah tingkat Kabupaten berupa Satuan Tugas yang dapat bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap pengendalian Hutan dan Lahan di Kabupaten Mahakam Ulu, yang didukung oleh Organisasi Perangkat Daerah Teknis, dan juga  seluruh stakeholder Dari TNI Polri, Swasta, Tingkat Kecamatan hingga Kampung,”harap Wabup.

Dalam sambutan Kepala DLH Solman, S.Hut menuturkan, tujuan diadakannya In House Training Sarpras Dalkarhutla guna mengoptimalkan peran tim Brigade Dalkarhutla dalam penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Mahulu.

“Dan memberi pembekalan terhadap anggota  tim Brigade Dalkarhutla DLH dengan pengenalan peralatan Dalkarhutla juga sebagai bagian dari upaya penyiapan personil dalam training off trainer jika kedepan melakukan pendampingan dan supervisi bagi masyarakat peduli api dalam memfungsikan peralatan sejeni,”tutur Kepala DLH. 

Kepala DLH Solman,S.Hut menambahkan, untuk peralatan Dalkarhutla di DLH dilengkapi dengan kendaraan roda dua patroli dan slip on masing-masing berjumlah 10 unit dan kendaraan roda empat berjumlah 4 unit serta peralatan pemadam api lainnya.(Prokopim/len/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here