Antisipasi Kestabilan Stok Dan Harga Sembako Serta BBM Di Mahulu

 

UJOH BILANG – Dalam rangka langkah antisipasi lonjakan harga jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) menggelar High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dilaksanakan di ruang Rapat Bappelitbangda. Kamis (08/12/22)

High Level Meeting TPID yang juga menindaklanjuti arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Rapat Koordinasi Nasional  Pengendalian Inflasi Daerah dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan (Asisten I) drg. Agustinus Teguh Santoso,M.Adm,Kes, Plt. Kadisdikbud Bungai, SE., Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Lung, SH., Sekretaris BPKAD Samson Batang, S.Sos.,M.Si., Plt. Kadisdikbud Bungai, SE., dan OPD yang tergabung dalam Tim TPID Mahulu.

Asisten I drg. Agustinus Teguh Santoso,M.Adm,Kes mengatakan pentingnya High Level Meeting TPID jelang HBKN Nataru 2022 bertujuan untuk memastikan ketersediaan stok bahan pangan dan BBM juga kestabilan harga khususnya di Mahulu.

“Kita ketahui Mahulu letak geografisnya sangat berjauhan, dari kecamatan ke kecamatan yang lain terutama ke dua kecamatan hulu riam untuk itu distribusi bahan pokok dan BBM harus kita perhatikan, karena harga distribusi ini juga akan mempengaruhi harga kebutuhan pokok massal, apalagi jika musim surut/pasang karena transportasi sungai menjadi transportasi utama sangat perlunya kita perhatikan,” kata Asisten I.

Ditambahkan Asisten I, agar ketersediaan stock dan stabilisasi harga bahan pokok dan BBM menjelang HBKN Nataru 2022 – 2023 menjadi perhatian bersama seluruh OPD yang masuk dalam Tim TPID.

“Saya harap kita semua selalu memantau pasokan bahan pokok dan stok BBM,  jangan sampai ada penimbunan sehingga menjadi langka dan harganya bisa tinggi atau ada kendala dalam distribusi harus kita evaluasi bersama,“ harap Asisten I.

Usai mendengarkan pemaparan terkait perkembangan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok dan BBM di bulan Oktober 2022, Asisten I dalam arahan mengatakan, selain memastikan stok kebutuhan bahan pangan dan BBM juga untuk keamanan pangan perlunya inspeksi pasar bersama antara Bagian Ekonomi yang membawahi Perindagkop, Dinkes, TNI/Polri dan Satpol PP.

“Selain kita melihat stok bahan pokok juga berhati-hati karena di akhir tahun banyak barang-barang kadaluarsa sehingga jangan sampai masuk ke Mahulu, ini juga menjadi perhatian penjual jangan menjual barang kadaluarsa, dan dari dinas inspeksi massal ini sangat perlu dilakukan, selain stock juga melihat keamanan dari pangan yang terdistribusi di Mahulu,” himbau Asisten I.

Dalam laporan Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Lung, SH mengatakan High Level Meeting TPID jelang Nataru 2022 sebagai tindak lanjut dari arahan Kemendagri pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah menjelang HBKN Nataru 2023 pada tanggal 28 November 2022.

“Bahwa TPID agar dapat terus memperkuat sinergi dan konsistensi dalam melaksanakan fungsi dan tugas serta melaksanakan rakor secara berkala, solusi pengendalian daerah dalam rakor pengendalian inflasi daerah tangga 28 November kunci utama isu pengendalian inflasi jadikan isu prioritas dan sinergi semua stakeholder seperti saat penanganan Pandemi Covid-19, komunikasi publik yang efektif, aktifkan TPID pada tingkat provinsi kabupaten/kota, aktifkan satgas pangan, BBM subsidi tepat sasaran ke masyarakat tidak mampu,” ungkapnya.

Ditambahkan Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Lung,SH, Enam upaya konkrit Pemkab dalam penanganan inflasi daerah yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat dengan melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, melakukan kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, melakukan Gerakan menanam, merealisasikan Belanja Tidak Terduga (BTT) dan memberikan dukungan transportasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Untuk Mahulu sendiri perkembangan harga bahan kebutuhan pokok di Mahulu per tanggal 5 Desember 2022 berada dalam kondisi yang stabil, kecuali beras, minyak goreng, telur ayam yang memerlukan perhatian khusus, dan kedepan tindaklanjut dari Ekobang dan dinas terkait akan terus memantau kestabilan stock dan harga bahan pangan dan BBM di Mahulu,” tutupnya. (Prokopim/len/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here