== Diikuti Kecamatan Long Hubung dan Laham, Dipusatkan Di Balai Adat Kampung Long Hubung ==

 

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH,. ME membuka Rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi pemerintah kampung dalam mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Mahakam Ulu tahun 2022 dalam wilayah Kecamatan Long Hubung dan Kecamatan Laham, yang bertempat di Balai Adat Kampung Long Hubung. Selasa (12/07/22)

Tiba di halaman Balai Adat, Bupati bersama rombongan disambut tarian selamat datang dan pemasangan lekuq oleh tokoh adat setempat, turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Drs. Yohanes Avun,M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Damianus Tamha,SE, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Saripudin,SE.

Membuka rakor Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH.,ME, mengatakan, dalam membangun ketahanan pangan di Mahulu, Bupati bersama Wabup memiliki visi bersama yakni program ketahanan pangan menjadi prioritas utama, dan telah dituangkan dalam 10 program aksi.

“Implementasi dari program tersebut, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu telah meluncurkan produksi beras lokal hasil panen tahun 2022 yang dilaunching pada tanggal 9 Juni 2022 yang lalu,”kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19 di Mahulu, program ketahanan pangan akan secara bertahap diarahkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Melalui program peningkatan produktivitas produk pertanian dan kawasan budidaya pertanian yang diharapkan dapat memberi nilai lebih dalam bentuk uang kepada para petani,”tutur Bupati.

Bupati berharap agar seluruh Petinggi BPK, Lembaga Adat, Aparatur Kampung, Ketua BUMK dan seluruh masyarakat dapat mengikuti rakor sampai dengan selesai, karena akan adanya pemaparan mengenai teknis pelaksanaan program ketahanan pangan secara komplit dari DPMK dan DKPP.

“Saya menginginkan di Kecamatan Long Hubung dan Kecamatan Laham, seluruh kampungnya dapat turut serta mengambil bagian untuk mendukung program ini, karena hal ini adalah seutuh-utuhnya untuk kepentingan masyarakat untuk semua, sejahtera berkeadilan. Dan dalam kesempatan rakor ini pula saya menginginkan agar masyarakat dapat memahami dan menguasai teknis dan tujuan dari program ketahanan pangan ini,”harap Bupati.

Dalam laporan Kepala DPMK Damianus Tamha,SE, menuturkan, tujuan rapat koordinasi untuk menyatukan gerak serentak percepatan pelaksanaan program pembangunan ketahanan pangan berkelanjutan pada setiap kampung untuk tahun 2022, serta mengevaluasi perkembangan dari penyampaian laporan pelaksanaan dan kendala yang dihadapi pemerintah kampung dalam pelaksanaan kegiatan pembukaan, penebangan, penanaman padi lahan kering 10 hektar.

“Melalui rakor diharapkan diperolehnya kesepakatan bersama yang dibuat oleh peserta rapat dalam pengelolaan lahan padi kering 10 hektar serta pembagian tugas peran dan fungsi masing-masing pihak terkait dengan jelas dalam mendukung program ketahanan pangan di Mahulu,”kata Kepala DPMK.

Turut hadir, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Markus Wan,S.Sos,M.Si, Camat Long Hubung Dra. Yulia Djiu Hong, Camat Laham Tingang Himang,S.Pd, Petinggi Kecamatan Long Hubung dan Laham, BPK, Lembaga Adat, Aparatur Kampung, dan Ketua BUMK.(Prokopim/len/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here