Ujoh Bilang – Rasa Haru dan Bangga Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E memukul Katung/Tuvung sebagai ditandainya telah dibuka Pagelaran Seni Budaya Hudoq Pekayang yang pada Tahun 2023 ini dilaksanakan di Kampung Long Pakaq Kecamatan Long Pahangai, Jumat (20/10/2023).

Setiap Tahun Pagelaran Seni Budaya Hudoq Pekayang ini digelar bergantian oleh 13 Kampung di Kecamatan Long Pahangai. Gelaran Seni Hudoq Pekayang di Kampung Long Pakaq Baru ini dimulai dengan Tradisi Payu/Pakan Hudoq yaitu memberi makan untuk topeng hudoq sebagai syarat berupa beras ketan, kemudian dilanjutkan dengan Bahteng Udoq yaitu berbicara dengan Bahasa Hudoq untuk memberitakan maksud kedatangan dengan petinggi kampung, dan selanjutnya dilanjutkan dengan Ngarang Hudoq yaitu setiap perwakilan kampung menari berbentuk lingkaran.

“Saya sangat antusias dan menyambut baik Pagelaran Seni Budaya Hudoq Pekayang ini setiap tahunnya, karena ini merupakan seni dan budaya turun temurun yang dapat dijadikan Event Budaya Tahunan sehingga kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Karena melalui Event rutin seperti ini kita dapat mendatangkan para wisatawan yang membawa uangnya untuk berbelanja disini,” ucap orang Nomor satu Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh menyampaikan bahwa Pertanian dan Pariwisata merupakan dua potensi yang saat ini dikembangkan oleh Pemerintah Daerah, adapun Pertanian saat ini berfokus pada Kebutuhan Pangan Beras dan Kakao sedangkan pada Sektor Pariwisata yaitu ada pada Potensi Seni-Budaya.

Maka Harapannya Masyarakat Mahulu dapat terus mendukung program Pemerintah yaitu membuka Lahan minimal 1 Hektar. Program ini tentunya terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Mahulu agar sektor Pertanian menjadi sektor unggulan yang dapat meningkatkan ketahanan pangan daerah dan Nasional sekaligus dapat meningkatkan pendapatan daerah maupun kampung.

“Ayo Mari Masyarakat Kecamatan Long Pahangai khususnya kampung Long Pakaq Baru dan sekitarnya kita bangkitkan Pertanian terutama Pertanian Kakao juga, Saya harap ini dilanjutkan kembali karena kedepannya Pemerintah akan memberikan Bimtek untuk para petani kakao supaya menghasilkan produksi dan buah yang bagus dan melalui hasil yang bagus ini pula mendapatkan nilai tinggi untuk dijual yang dapat mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Mahulu mengajak Masyarakat Mahulu dapat kuat secara Ekonomi melalui Peningkatan dalam Sektor Pertanian yaitu Bertani maupun Berkebun Kakao, ” Saya mau masyarakat yang ada di Kecamatan Long Pahangai ini tetap sejahtera, menjadi contoh bagi daerah lain baik dari segi ekonomi maupun dari sisi Budayanya. Lanjut terus Event Hudoq Pekayang kembangkan terus sehingga menjadi tontonan yang baik yang mendatangkan Para Wisatawan,” harapnya.

Bonifasius Belawan Geh mengucapkan Terima Kasih kepada Camat Kecamatan Long Pahangai, Petinggi Long Pakaq Baru dan Panitia serta seluruh masyarakat Long Pahangai, khususnya masyarakat Long Pakaq Baru yang telah mempersiapkan acara ini sedemikian baik sehingga semuanya dapat berjalan dengan sukses dan meriah, ” Lanjutkan dan laksanakan Event Hudoq Pekayang ini dari awal hingga selesai dengan keadaan tertib dan aman,” pinta Bupati. (Prokopim/vta)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here