SAMARINDA – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E didampingi Ketua TP PKK Mahulu Yovita Bulan Bonifasius menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT ) Provinsi Kalimantan Timur ( Kaltim ) ke 67 tahun, yang digelar di Gor Kadrie Oening jl. KH. Wahid Hasyim, Sempaja Selatan, Samarinda. Selasa ( 09/01/2023 )

Dalam upacara peringatan HUT Provinsi Kaltim ke 67 tahun yang mengusung tema “Membangun Kaltim Untuk Nusantara”,  dipimpin Penjabat ( Pj ) Gubernur Kaltim Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si., bertindak sebagai inspektur upacara. Dan dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Kaltim menyerahkan Panji Keberhasilan pada Bidang Kehutanan sebagai terbaik I untuk Pemerintah Kabupaten Mahulu yang diterima Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Kaltim Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si., menyampaikan momentum yang berbahagia ini kita jadikan tonggak sejarah untuk terus mengisi pembangunan di Kaltim, sekaligus merawat Bumi Etam, sehingga rukun dan damai.

“HUT Provinsi hari ini adalah pengingat bagi kita, jangan melupakan sejarah, jangan melupakan jasa – jasa para pemimpin kita. Momentum ulang tahun ini sekaligus menjadi wasilah dan ajang kontemplasi muhasabah bagi kita semua, sudah sejauh mana, sebanyak apa karya darma bakti yang sudah kita berikan untuk bangsa ini dan negara ini khususnya di Provinsi Kaltim,” kata Pj Gubernur Kaltim.

Dan dalam rangka menyongsong Ibu Kota Nusantara, Pj Gubernur Kaltim Mengajak masyarakat Kaltim terus mempersiapkan diri lahir dan batin, memperkuat kapasitas diri, sosial sekaligus memperkuat dan mempersatukan tujuan pembangunan antar stakeholder di seluruh Kabupaten/ Kota di Kaltim.

“Di hari ulang tahun Kaltim hari ini, mari kita bersama – sama merapatkan barisan, merencanakan, mengeksekusi dan mengevaluasi berbagai bidang pembangunan dengan penuh seksama. Dan memasuki di tahun 2024 ini kita perlu meningkatkan daya saing  SDM dan  infrastruktur wilayah yang handal untuk percepatan transformasi ekonomi yang  berkelanjutan,” ujar Pj Gubernur Kaltim.

Pada kesempatan tersebut Pj Gubernur Kaltim Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si., menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, kami juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Bupati / Walikota yang baru saja menerima panji – panji keberhasilan pembangunan.

“Kami percaya panji – panji keberhasilan ini  bukanlah akhir dari tujuan pembangunan, tetapi jauh dari pada itu adalah pemantik semangat kita untuk terus memajukan pembangunan yang berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Kami tegaskan bahwa pemberian panji ini bukan kompetisi, menang atau kalah tetapi sebagai aspirasi, apresiasi agar setiap kabupaten / kota akan senantiasa meningkatkan kinerjanya sekaligus memotivasi sebagai sarana monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di masing – masing daerah,” pungkas Pj Gubernur Kaltim.

Sementara itu Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H.,M.E,. menuturkan bahwa peringatan HUT Provinsi Kaltim adalah hari berdirinya provinsi, yang harus disyukuri dan  dirayakan dengan sukacita, sebagai bentuk terima kasih dan syukur kita kepada Tuhan karena dengan ada Provinsi Kaltim.

“Tentunya kita berharap, kemajuan yang diperoleh provinsi akan memberikan kontribusi kesejahteraan kepada masyarakatnya. Dan kita sebagai masyarakat daerah dari kabupaten/ kota tentunya kita mengharapkan keadilan yang seluas – luasnya oleh Gubernur selaku pimpinan provinsi, agar memperhatikan pembangunan di daerah – daerah. Dengan demikian, kalau provinsi sejahtera berarti daerah yang ada dalam provinsi itu juga harus sejahtera,” tutur Bupati.

Lanjut Bupati Mahulu, melihat dari kebutuhan pembangunan yang masih besar di Kabupaten Mahulu, “kita berharap perhatian dan sumbangsih dari provinsi tentunya untuk terlibat dalam membangun Kabupaten Mahulu karena kita tidak punya kemampuan sendiri dengan APBD kecil untuk membangun daerah kita sendiri, tentunya kita butuh bantuan dari provinsi dan pusat,” harap Bupati.

Terkait panji keberhasilan pembangunan yang diterima Pemerintah Kabupaten Mahulu di bidang Kehutanan, ” Sebagai penerima kita mengucapkan terima kasih. Hanya kita dapat satu penghargaan, kenapa tidak ada yang lain. Saya juga tidak mengerti bentuk seleksinya seperti apa, sedangkan kita giat – giatnya membangun dengan berbagai sektor, ada juga capai – capaian yang harus di apresiasi, harus diberi penghargaan tetapi nyatanya belum. Belum rejeki,” pungkas Bupati. (Prokopim/tha)

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *