Ujoh Bilang – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum (Asisten III) Kristina Tening, S.H., M.Si., menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Mahulu, yang dilaksanakan di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang. Rabu (03/01/24)

Pada Hari Amal Bhakti ke-78 ini sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada Negara, Kementerian Agama Tahun ini diberikan penghargaan Satyalencana Karya Satya Kepada Kepala Kemenag Mahulu Longginus, S.S., dan Pegawai di Lingkungan Kantor Kemenag Agama Kabupaten Mahulu Sopi’I, S.Pd., yang sematkan oleh Asisten III Kristina Tening, S.H., M.Si.

Turut Hadir dalam Apel Peringatan HAB ke-78 Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mahulu beserta Forkompinda Kabupaten Mahulu.

Dalam pidato Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qumas yang dibacakan Oleh Asisten III Kristina Tening, S.H., M.Si., menyampaikan sebagai Institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan Pemerintahan di bidang agama dan Pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Di antara tugas berat itu ialah menjaga keharmonisan kehidupan beragama yang sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. 

Tugas berat ini  dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu juga, tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama, karena Bekal pendidikan agama yang moderat adalah pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

“Melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada kita semua. Tentu, keberhasilan-keberhasilan itu bukan tanpa kekurangan, Masih banyak yang harus dibenahi dalam rangka perbaikan program mendatang. Kita jangan berpuas diri dengan berbagai hasil yang dicapai. Kita harus selalu mengevaluasi diri karena tugas kita belum usai. Momentum pergantian tahun dan peringatan HAB ke 78 Kementerian Agama ini adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik,” ucapnya.

Kristina Tening mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang diusung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa harus bersama-sama seluruh Umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

“Mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. “Kita melayani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat,”pinta Asisten III dalam sambutan tertulis yang Ia bacakan.

Lanjut Asisten III Kristina Tening, S.H., M.Si., menyampaikan bahwa pada tahun 2024 ini akan dihadapkan pada peristiwa politik, yakni pemilihan Umum. Maka, pada kesempatan ini diingatkan untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kemenag, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

“Dengan balutan netralitas itu, saya meminta kepada ASN Kemenag untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Mari kita kawal Pemilu ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena mudharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita,”tutupnya. (Prokopim/vta)

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *