SAMARINDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Evaluasi dan Monitoring dan Pelaporan pada Aplikasi Sistem Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (Simevlap). di Ruang Pola Dasar Kantor Bappeda Provinsi Kaltim. Selasa ( 18/10/2022)

Bimtek ini diselenggarakan oleh Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Mahulu, yang diikuti 36 peserta dari masing OPD di lingkungan Pemkab Mahulu 

Dalam sambutannya Sekda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM menyampaikan bahwa dalam rangka memberikan pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang transparan, efektif dan efisien, Pemkab Mahulu memiliki komitmen yang kuat  dalam rangka mendukung dan mewujudkan hal tersebut.

 

“Salah satunya melalui pengembangan sistem keuangan daerah, khususnya dalam evaluasi, monitoring dan pelaporan, ” kata Sekda.

Lanjut Sekda, “Sistem ini di bangun oleh provinsi yang kita adopsi untuk dikembangkan di daerah untuk memonitor mulai dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan program kegiatan di kabupaten kita,” ujar Sekda.

Dengan tujuan melihat progres, kemudian mendeteksi secara dini kalau terjadi indikasi potensi – potensi yang menghambat program pelaksanaan kegiatan. 

“Sehingga bisa diberikan semacam sajian data informasi terkait, langkah – langkah apa yang harus dilakukan, agar program kegiatan ini bisa diselaraskan dan bisa dicapai sesuai apa yang telah direncanakan dalam proses perencanaan keuangan,” terang Sekda.

Sekda pun mengharapkan  bahwa tentunya tindak lanjut yang paling konkrit adalah sistem yang dibangun memang benar – benar dapat diimplementasikan.

“Artinya semua pihak yang berperan terhadap sistem ini, baik operatornya terutama kepala OPD nya , karena tidak mungkin operator itu bisa bergerak menginput tanpa arahan dari pimpinan atau PPK atau PPTK yang melaksanakan program kegiatan itu. Jadi perlu juga kerjasama dari semua OPD supaya pelaporan dapat dilakukan secara rutin, reguler dan terintegrasi dan bisa maksimal dalam pelaporannya,” harap Sekda.

Dan Sekda mengingatkan ini harus dibangun komitmen bersama antar OPD dan Bappeda, selaku leading sector di dalam sistem ini.

Hal senada disampaikan Plt. Kepala Bappeda Provinsi Kaltim Yusliando, ST, bahwa perencanaan tidak terlepas dari monitoring, evaluasi dan pelaporan. 

“Kami menyambut baik inisiasi dari Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, dalam rangka bagaimana pelaporan, monitoring dan evaluasi ini bisa dilakukan secara digital. Kami juga harapkan nanti ini bisa diintegrasikan dengan sistem yang ada pada kami,” imbuhnya.

Plt Kepala Bappeda Provinsi Kaltim pun memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu. “Kami menyampaikan apresiasi pada Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu yang telah membuat aplikasi Simevlap ini. Semoga Simevlap ini dapat dimanfaatkan untuk penganggarannya kedepannya, dan mempermudah bapak ibu dalam bertugas sehari- hari serta dapat meningkatkan kinerja pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bappelitbangda Mahulu Gerry Gregorius, SE., M.Si, AK, Kabag Pengadaan Barjas Josman, S.IP, M.Si, Kabag Hukum Arsenius Luhan, S.E., M.Hum, Kabag Kesra Kresensius Charles, S.Pd. dan Camat Long Apari Petrus Ngo, S.P. (Prokopim/tha/td)

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *