Press Release : UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Dr. Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E. yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., menghadiri Rapat Paripurna yang digelar di Ruang Rapat Paripurna Lt. 2 Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahulu. Jumat (25/10/2024).

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua Sementara DPRD Mahulu Devung Paran, A.Md. Keb., dengan agenda Pengumuman dan penetapan Calon Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Mahulu Masa Jabatan Tahun 2024-2029, dan Penyampaian Pengantar Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mahulu Tahun 2025.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Mahulu Nor Lili Bulan, Anggota DPRD Kabupaten Mahulu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Kristina Tening, S.H., M.Si., Kabag OPS Polres Mahulu Kompol Dherrie Alim, S.T., Danramil 03 Long Bagun Kapten Infanteri Rahman Sahanung, Perwakilan Bawaslu Mahulu, Kepala/Perwakilan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Mahulu, serta tamu undangan lainnya.

Berdasarkan hasil Rapat Paripurna penetapan Calon Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Mahulu Masa Jabatan Tahun 2024-2029, secara resmi ditetapkan Devung Paran,A.Md,Keb., sebagai Ketua DPRD Mahulu, dan Nor Lili Bulan ditetapkan sebagai Wakil Ketua I, selain itu Desiderius Dalung Lasah ditetapkan sebagai Wakil Ketua II.

Membacakan sambutan Bupati Dr. Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., Sekda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., menyampaikan, APBD TA 2025 selanjutnya akan segera disampaikan kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Timur sebagaimana amanat undang – undang untuk dievaluasi oleh tim evaluasi provinsi sebelum Raperda APBD tahun anggaran 2025 dapat disahkan menjadi peraturan daerah. Dengan demikian diharapkan evaluasi terhadap raperda apbd tahun anggaran 2025, dapat berlangsung sesuai dengan jadwal sehingga kegiatan yang direncanakan  dapat dilaksanakan tepat waktu pada awal tahun 2025.

“Memperhatikan kondisi yang saat ini berkembang dan dialami hampir semua daerah di indonesia yakni penerimaan daerah yang mulai membaik walaupun belum signifikan dari tahun-tahun sebelumnya sehingga kita juga menyusun rencana belanja dengan selektif, menentukan skala prioritas dan seefisien dan seefektif mungkin memaksimalkan rencana dan target yang telah disusun.

Sekda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., lebih lanjut menuturkan, Ranperda APBD TA 2025 dilaksanakan dan melalui proses yang panjang karena untuk mengalokasikan belanja yang sudah menjadi prioritas yang harus diselesaikan, serta perlu kehati-hatian bersama dalam memperhatikan kaidah serta aturan yang berlaku mengingat sekarang seluruh proses mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan dipantau serta selalu diminta pelaporannya melalui sistem yang terintegrasi.

“Sehingga harapan kita melalui proses apbd 2025 ini seluruh kegiatan perangkat daerah dapat terlaksana sesuai dengan target dan indikator yang telah ditetapkan, mempunyai manfaat yang dapat dirasakan semua masyarakat serta menjadi acuan kerja bagi semua pihak,” tutur Sekda.

Dikatakan Sekda Dr. Stephanus Madang,S.Sos.,M.M., lebih lanjut, Kebijakan pembangunan yang termuat APBD Kabupaten Mahulu TA 2025, lebih merupakan proses pembangunan yang telah diagendakan selama ini.

“Kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang memiliki nilai strategis, terutama untuk menjamin hak-hak dasar masyarakat, seperti hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, hak untuk hidup sejahtera dan hak untuk memperoleh kebutuhan dasar lainnya,” jelas Sekda.

Menutup sambutan Sekda Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua, Wakil ketua DPRD sementara serta seluruh anggota dewan yang terhormat dalam kaitannya dengan pembahasan dan koreksi terhadap penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“Pemerintah meyakini bahwa hal tersebut akan memberikan dampak yang sangat positif  dalam rangka meningkatkan efisiensi, efektifitas transparansi dan akuntabilitas dalam mendukung kinerja pemerintah secara keseluruhan dalam rangka membangun mahakam ulu yang maju, sejahtera serta berkeadilan,” tutur Sekda.(Prokopim/len)

Contact :

Prokopim Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Email : humpro@mahakamulukab.go.id

Website : prokopim.mahakamulukab.go.id

Instagram : @pemkab_mahulu

Facebook : @Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *