UJOH BILANG – Mewakili Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., Asisten Bidang Administrasi Umum (Asisten III) Kristina Tening, S.H., M.Si membuka Sosialisasi Optimalisasi Penyusunan Pelayanan (Opa Menyapa) perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Ujoh Bilang. Kamis (12/10/23)

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi tersebut dilaksanakan selama satu hari penuh, di ikuti oleh seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan se Kabupaten Mahulu.

Dalam sambutan Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E yang disampaikan Asisten III Kristina Tening, S.H., M.Si menuturkan, melalui standar pelayanan Opa Menyapa Lingkungan Pemkab Mahulu menjadi salah satu bukti komitmen Pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Mahulu.

“Pemkab Mahulu selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, sejalan dengan semangat pemerintahan yang efisien, transparan, dan akuntabel, dikarenakan pelayanan publik adalah ujung tombak dari sebuah pemerintahan yang baik, Pelayanan yang berkualitas adalah hak masyarakat, dan tugas kita adalah untuk memastikan bahwa hak tersebut terpenuhi dengan baik,” tutur Bupati.

Dikatakan Asisten III Kristina Tening, S.H., M.Si lebih lanjut, standar pelayanan Opa Menyapa adalah salah satu instrumen yang penting dalam upaya kita mencapai standar kualitas pelayanan yang lebih baik.

“Dalam konteks peningkatan kualitas pelayanan, perlu kita sadari bahwa tanggung jawab ini tidak hanya ada di pundak pemerintah saja, namun harus ada keterlibatan seluruh Perangkat Daerah sebagai kunci utama dalam mencapai tujuan ini. Standar pelayanan, yang hari ini kita laksanakan, akan menjadi panduan kita bersama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” lanjut Asisten.

Lanjut Asisten III Kristina Tening, S.H., M.Si menyampaikan, dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, pentingnya SOP yang merupakan panduan yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap pelayanan yang diberikan pada semua sektor dan level pemerintahan di Kabupaten Mahulu berjalan dengan konsisten dan sesuai dengan standar terbaik.

“Adanya mekanisme pengawasan dan evaluasi yang efektif untuk memastikan bahwa standar pelayanan dipatuhi dan ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Ini melibatkan pemantauan kinerja dan perbaikan berkelanjutan,” jelas Asisten.

Di akhir sambutan Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E mengajak seluruh OPD menjadikan Standar pelayanan Opa Menyapa sebagai pedoman dalam aspek pelayanan yang kita lakukan.

Ini merupakan komitmen untuk bertindak, untuk mengubah, dan untuk memperbaiki. Selain itu, evaluasi dan perbaikan berkelanjutan adalah aspek penting lainnya. 

“Kita harus selalu mengevaluasi pelayanan yang kita berikan, mendengarkan masukan dari masyarakat, dan bersedia melakukan perbaikan jika diperlukan, Semoga Kegiatan Optimalisasi Penyusunan Standar Pelayanan ini berlangsung dengan lancar dan mencapai hasil positif sebagaimana yang kita harapkan bersama dalam Aksi Perubahan Jangka Panjang, Tujuan kita adalah diperolehnya pengetahuan dan pemahaman tentang apa itu Standar Pelayanan dan apa hubungannya dengan Pelayanan Publik. Output dari upaya kita adalah Surat Keputusan Kepala OPD yang akan menjadi bukti nyata komitmen kita dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik,” harap Bupati.(Prokopim/len)

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *