Press Release : UJOH BILANG – Dalam rangka memperkuat koordinasi juga sinergi dalam pengendalian inflasi, guna memastikan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Bupati Dr. Bonifasius Belawan Geh, S.H,. M.E,. yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm,. Kes,. membuka Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Rakor yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 3 Sekretariat pada Kamis (17/10/24) dihadiri oleh Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Sumber Daya Alam (Ekosda) Lung, S.H,. Wakapolres Mahulu Kompol Mochamad Rezsa Adiatulloh, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Petinggi serta pelaku usaha di Kabupaten Mahulu.

Membacakan sambutan Bupati Dr. Bonifasius Belawan Geh, S.H,. M.E, Asisten I mengatakan, Rakor TPID bertujuan memperkuat koordinasi, guna mempersiapkan langkah-langkah nyata dalam menjaga stabilitas harga serta ketersediaan bahan pokok dan barang penting menjelang HBKN tahun 2024.

“Walaupun saat ini harga komoditas masih relatif stabil, kita tidak boleh lengah. Stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok bisa berubah sewaktu-waktu, disebabkan oleh beberapa faktor, seperti meningkatnya permintaan masyarakat, bencana alam, hasil panen yang tidak optimal, hingga kelancaran distribusi,” kata Asisten I.

Bupati Dr. Bonifasius Belawan Geh,S.H,.M.E menginstruksikan Bagian Ekosda agar terus melakukan pengawasan dan pemantauan, membangun koordinasi yang baik bersama lintas sektor guna memantau distribusi dan harga bahan pokok di masyarakat.

“Masyarakat kita masih banyak yang berkebun. Oleh karena itu, optimalkan pemanfaatan produksi tanaman kebun lokal untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat, termasuk dengan memanfaatkan tanaman pekarangan. Dan saya melarang keras kepada para pelaku usaha untuk tidak melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok yang dapat menyebabkan kenaikan harga dan kelangkaan di pasar. Tindakan ini ilegal dan tidak dibenarkan oleh hukum, karena dapat menyulitkan masyarakat,” tegas Bupati.

Di akhir sambutan Bupati Dr. Bonifasius Belawan Geh, S.H,. M.E., berpesan agar Bagian Ekosda dan instansi terkait menjalin komunikasi bersama masyarakat, serta memberikan himbauan untuk berbelanja dengan bijak, baik secara langsung maupun secara online.

“Kepada Bagian Ekosda dan para pemangku kepentingan terkait, atas nama Pemkab Mahulu, sewaktu-waktu lakukan inspeksi mendadak untuk memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat,” pesan Bupati.(Prokopim/len)

Contact :

Prokopim Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Email : humpro@mahakamulukab.go.id

Website : prokopim.mahakamulukab.go.id

Instagram : @pemkab_mahulu

Facebook : @Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *