Press Release : BALIKPAPAN – Jumat (09/08/24) Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) bekerjasama dengan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengadakan laporan akhir penyusunan dokumen Rencana Induk Pengelolaan Air Limbah (RISPAL).

Dalam memutakhirkan lapkir Rispal, Bupati Dr. Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., berpesan agar dalam penyusunan DPUPR bersama tenaga ITN memperhatikan semua aspek terkait pengelolaan air limbah dan pengembangannya untuk jangka waktu 15 tahun ke depan.

“Saya menginginkan saudara sekalian harus menganalisis dan mengkaji skala prioritas penanganan dan pelayanan air limbah berdasarkan angka kepadatan, beban pencemaran, kondisi sanitasi, dan potensi penyakit,”

Pesan tersebut disampaikan Bupati Dr. Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., dalam sambutan yang dibacakan Sekda Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., pada saat membuka kegiatan laporan antara pemutakhiran peta tutupan lahan, penyusunan rencana tata ruang pengembangan infrastruktur Kabupaten. Mahulu dan Lapkir penyusunan dokumen Rispal yang digelar di Hotel Astara Balikpapan.

Lebih lanjut Sekda Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., menuturkan, Pada tahun 2022 Menteri PUPR memprioritaskan program Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, dan Rehabilitasi (OPOR) yang mencakup evaluasi dan inventarisasi terhadap pekerjaan yang sudah dapat dimanfaatkan.

“Optimalisasi ini berorientasi pada proyek-proyek yang langsung menyentuh masyarakat, salah satunya ialah air minum dan sanitasi. Kemudian, pada tanggal 15 Agustus 2023, Bupati Mahulu menyatakan dukungan dan komitmen penuh dalam implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten Mahulu melalui pemetaan kondisi sanitasi dan identifikasi isu strategis, telah dirumuskan program Mahakam Ulu Berbenah Sanitasi (MABERSI),” jelas Sekda.

Lanjut Sekda menuturkan, Program MABERSI mencakup sejumlah poin penting seperti pembangunan jamban dan tangki septik layak serta pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT).

“Sebagai hasil dari gagasan-gagasan mulia tersebut, pada tanggal 1 Agustus 2024, kita telah menyusun laporan dokumen Rispal. Kedepannya, kita akan terus membahas dan memutakhirkan dokumen RISPAL tersebut, dengan tujuan untuk mengelola air limbah secara berkelanjutan,” tutup Sekda.(Prokopim/len)

Contact :

Prokopim Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Email : humpro@mahakamulukab.go.id

Website : Prokopim.mahakamulukab.go.id

Instagram : @pemkab_mahulu

Facebook : @pemerintah kabupaten Mahakam ulu

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *