SAMARINDA- Mewakili Bupati Mahakam Ulu ( Mahulu ) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ( Kesra ) Setkab Mahulu drg. Agustinus Teguh Santoso, M. Adm., Kes., membuka kegiatan Rapat Koordinasi Kerja Sama Daerah.
Kegiatan yang difasilitasi Bagian Pemerintahan Setkab Mahulu, menghadirkan narasumber Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Kaltim Siti Sugiyanti, S.E., M.Si dan Analis Kerja Sama Ahli Muda Bagian Kerjasama Setkab Kutai Kartanegara ( Kukar ) Mirsa Gulam Asvahani, S.E., yang digelar di Hotel Mercure Samarinda. Senin (13/11/2023)
Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setkab Mahulu drg. Agustinus Teguh Santoso, Adm. Kes menyampaikan bahwa dalam kerjasama daerah, ada tiga prinsip yang harus dipegang erat, yaitu “3 M”, yaitu mutual trust (kepercayaan bersama), mutual respect (saling menghormati), dan mutual benefit (keuntungan bersama).
“Prinsip ini adalah landasan kuat yang akan membawa keberhasilan dalam setiap kerjasama yang akan kita lakukan serta harus senantiasa kita junjung tinggi. Saya memberikan apresiasi terhadap rapat koordinasi yang dilaksanakan pada hari ini utamanya dalam upaya pembenahan dan penataan kerjasama di Kabupaten Mahulu,” kata Bupati.
Oleh karena itu, Bupati Mahulu berharap tiga hal kepada seluruh peserta yang hadir, yang salah satunya yaitu agar para peserta dapat memahami dengan cermat isi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2020 tentang tata cara kerjasama daerah dengan daerah lain, dan kerjasama dengan pihak ketiga yang akan dipaparkan oleh para narasumber.
“Ini adalah dasar hukum yang mengatur kerjasama antar-daerah, dan pemahaman yang mendalam akan peraturan ini akan membantu kita menjalankan kerjasama dengan benar dan efektif. Pastikan kita mematuhi ketentuan yang ada dan bergerak sesuai dengan kerangka kerja yang telah ditetapkan,” harap Bupati.
Sebelum menutup sambutannya, Bupati Mahulu berpesan kepada Bagian Pemerintahan agar dalam upaya pembenahan dan penataan kerjasama, penting untuk memastikan koordinasi dan sinergi yang baik antar OPD yang ada di lingkungan Pemkab Mahulu.
“Saya mendorong agar setiap OPD dapat bekerja bersama-sama untuk menyelaraskan upaya, menghindari tumpang tindih, dan memaksimalkan efisiensi. Kita perlu bekerja sebagai satu kesatuan untuk mencapai hasil yang terbaik. Pastikan untuk berbagi informasi, pengalaman, dan sumber daya dengan OPD lain yang terlibat dalam kerjasama,” pesan Bupati.
Dengan memaksimalkan identifikasi peluang strategis, menjaga koordinasi yang efektif antar OPD, dan mengutamakan transparansi serta akuntabilitas, dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam kerjasama daerah.
“Kunci keberhasilan kita terletak pada kerja sama, komitmen, dan kemampuan untuk menghadapi perubahan dan tantangan dengan tekad kuat. Dengan demikian, Mahulu dapat memajukan diri menuju masa depan yang lebih cerah dan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi Anda semua. Mari bersama-sama bergerak maju untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yakni Membangun Mahulu Untuk Semua, Sejahtera Berkeadilan,” tutup Bupati Mahulu.
Sementara itu, dalam laporannya Kepala Bagian Pemerintahan Setkab Mahulu Hang Kayah, S.E., M.Si menyampaikan ada empat hal tujuan dalan penyelenggaraan kegiatan ini yaitu, 1). Koordinasi kerjasama daerah dalam lingkup Pemkab Mahulu, 2). Sosialisasi tahap awal teknis dan prosedur pelaksanaan kerja sama daerah, 3). Sebagai forum tanya jawab dan diskusi terkait permasalahan dan kendala pelaksanaan kerja sama di daerah, dan 4). Penguatan kapasitas dan kesepahaman tim koordinasi kerja sama daerah.
Ia juga menuturkan materi yang disampaikan dalam rapat antara lain sosialisasi kebijakan umum terkait kerja sama di Provinsi Kaltim dan sharing seputar pelaksanaan kerja sama daerah di Kabupaten Kukar.
Adapun peserta dalam kegiatan ini terdiri dari seluruh kepala perangkat daerah atau yang mewakili, beserta staf di lingkungan Pemkab Mahulu. (Prokopim/tha)
Tidak Ada Komentar