UJOH BILANG – Mewakili Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M didampingi Kepala Bappelitbangda Mahulu Gerry Gregorius, S.E., M.Si., Ak., membuka Workshop Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2023, di ruang rapat Bappelitbangda, pada Rabu. (06/09/23).

Kegiatan Workshop SAKIP yang dihadiri oleh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahulu dan Camat di Lima Kecamatan dengan narasumber dari Smart ID Shalzabila Rizkit, S.AP ini merupakan kegiatan yang penting dalam tata kelola Pemerintahan, karena SAKIP merupakan sistem yang terintegrasi mulai dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja untuk menunjang pencapaian visi dan misi Kepala Daerah.

Dan SAKIP juga merupakan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang memiliki peranan strategis dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan. Hal tersebut diutarakan oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E melalui sambutan yang dibaca oleh Sekda pada saat membuka kegiatan workshop.

“SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam program dan kegiatan” ujar Sekda.

Lebih lanjut Sekda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M menerangkan SAKIP juga merupakan sistem yang dapat mengukur keberhasilan pembangunan dan pencapain kinerja masing-masing perangkat daerah, dalam mendukung visi dan misi kepala daerah.

“Dan tak kalah pentingnya, SAKIP juga digunakan sebagai salah satu komponen untuk mengukur keberhasilan pembangunan atas capaian kinerja masing-masing perangkat daerah dalam mendukung visi dan misi kepala daerah” ucap Sekda.

Dan untuk mendukung pencapaian tersebut, Bupati dalam sambutannya juga meminta agar rencana kinerja dapat diintegrasikan secara konsisten dan lebih terperinci, dengan menganut pola pikir logis dalam hal mengimplementasikan program dan kegiatan pada setiap program di OPD.

“Pastikan bahwa rencana kinerja yang disusun oleh Pemda diintegrasikan secara konsisten pada level yang lebih rinci, dengan menganut kerangka berfikir logis dalam mencapai hasil yang diinginkan” terang Sekda.

Sejalan dengan hal tersebut, Laporan Panitia yang dibacakan oleh Ketua Panitia Rudi Warjono S.SI mengatakan bahwa terselenggaranya kegiatan workshop ini untuk meningkatkan pemahaman seluruh perangkat daerah dalam menyusun SAKIP sekaligus mengunggah dokumen yang dibutuhkan untuk menunjang capaian kinerja Perangkat Daerah.

“Dapat meningkatkan pemahaman seluruh Perangkat Daerah dengan didampingi fasilitator handal di masing-masing perangkat daerah” terangnya (Prokopim/nha)

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *