Ujoh Bilang – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E secara resmi membuka Expo Hasil Usaha Tani Padi Lahan Kering 10 Hektare dan Produk Unggulan Kampung Se-Kabupaten Mahakam Ulu, Di Lapangan Tribun Ujoh Bilang. Senin (14/08/23)

Pembukaan Expo Hasil Usaha Tani Padi Lahan Kering 10 Hektare dan Produk Unggulan Kampung Se-Kabupaten Mahakam Ulu, ditandai dengan pengguntingan Pita Stand Expo di Gedung BPU Kecamatan Long Bagun oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E yang didampingi Wakil Bupati Drs. Yohanes Avun, M.Si., Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, S.E., M.B.A., Sekretaris Daerah Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., Wakil Ketua I DPRD Mahulu Tiopilus Hanye, S.A.B., M.Si., Kapolres Mahulu, Danramil Mahulu serta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahulu.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E memberikan Piagam Penghargaan kepada kampung – kampung yang telah memanen padi terbanyak. Adapun Kampung Padi Terbanyak Juara I Jatuh Pada Kampung Long Isun yang telah memanen sebanyak 658 Kaleng, Juara II Jatuh Pada Kampung Noha Boan memanen sebanyak 451 Kaleng, Juara III Jatuh Pada Kampung Mamahak Besar sebanyak 447 Kaleng dan Juara IV Jatuh Pada Kampung Long Gelawang sebanyak 366 Kaleng.

Dalam sambutannya Bupati Mahulu mengatakan turut senang dan gembira melalui Expo Hasil Usaha Tani Padi Lahan Kering 10 Hektar Dan Produk Unggulan Se-Kabupaten Mahakam Ulu pada hari ini, dapat dibuktikan telah berhasil serta sukses mengolah dan menggarap padi lahan kering 10 hektar.

“Keberhasilan ini tentunya perlu kita dukung serta berikan apresiasi, karena petani kita secara tidak langsung telah berkontribusi secara nyata dalam peningkatan produksi dan produktivitas pangan, khususnya padi di Bumi Urip Keriman ini. Sungguh ini merupakan kondisi yang membanggakan untuk kita semua. Dan saya berharap, kiranya bapak/ibu petani padi, tetap semangat berproduksi maupun semangat memelihara, terus memotivasi diri serta konsisten untuk lebih meningkatkan kualitas tanam maupun produktivitas panen raya padi di masa depan” ungkap Bonifasius.

Lanjut Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E mengatakan pembangunan di bidang pertanian, termasuk padi lahan kering, merupakan salah satu program prioritas yang akan terus Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu galakkan dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat Mahakam Ulu, sebagaimana yang tertuang dalam misi ketiga kami sebagai Kepala Daerah yakni “Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Dengan Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Alam, Memberdayakan Usaha Ekonomi Kecil Menengah Yang Berbasis Kerakyatan, Dan Perluasan Lapangan Kerja Termasuk Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Pariwisata Dan Kearifan Lokal”.

Dimana kebijakan inovatif yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu adalah mengharuskan seluruh Pemerintah Kampung untuk membuka lahan dalam rangka mendukung ketahanan pangan yang menetap dan berkelanjutan, yang hal ini telah tertuang didalam salah satu dari 10 program aksi kami yakni “Membangun Ketahanan Pangan Melalui Modernisasi Pertanian Lahan Kering Dan Pembangunan Untuk Menuju Swasembada Pangan” sebagai bagian dari upaya kita untuk mencapai Visi “Membangun Mahulu Untuk Semua Sejahtera Berkeadilan”. 

“Oleh sebab itu, dengan adanya Expo Hasil Usaha Tani ini, yang mengusung tema “Memberdayakan Kampung Dalam Rangka Membangun Ketahanan Pangan Di Kabupaten Mahakam Ulu, Melalui Lahan Pemerintah Kampung 10 Hektar” merupakan bagian dari implementasi dalam mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Mahakam Ulu, tentunya saya berharap hal ini dapat menjadi peluang besar bagi masyarakat Mahakam Ulu, khususnya kepada para pelaku ekonomi kerakyatan dan para petani untuk ikut berpartisipasi meramaikan dan memajukan perekonomian Kabupaten Mahakam Ulu kedepannya. Saya yakin, kegiatan expo ini akan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menunjang eksistensi UMKM, ekonomi kerakyatan, ekonomi kreatif dan para petani, agar terus tumbuh, berkembang, maju dan sejahtera,” tangkas Bupati. (Prokopim/vta)

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *