UJOH BILANG – Wakil Bupati (Wabup) Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara Virtual Melalui Zoom Meeting, di Ruang Kerja Wabup. Senin (27/02/2023)

Rakor Pengendalian Inflasi yang dipimpin Oleh Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, MA.,Ph.D ini dilaksanakan untuk membahas langkah konkret Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023.

Dalam Rakor tersebut Mendagri Tito Karnavian menyampaikan Pada Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang digelar pada tanggal 23 Februari 2023 lalu di Balikpapan, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menekankan beberapa arahan diantaranya mengenai Peningkatan Konsumsi dan Belanja Masyarakat dengan memanfaatkan Even-event Seni dan Olahraga 

 

Serta dalam arahan Presiden untuk  mempermudah perizinan dan mempromosikan desa wisata, hilirisasi produk, memastikan ketersediaan pangan dengan mengontrol langsung dan turun ke pasar, belanja produk dalam negeri dengan membeli produk dalam negeri agar dapat membantu UMKM, peningkatan iklim investasi, penurunan stunting dan masa depan tenaga honorer. 

“Intinya dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, Kepala Daerah harus terus memonitoring setiap minggu dan menjaga pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi ini, selain itu juga kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional, dan melaksanakan rapat TPID secara rutin untuk mengendalikan harga pangan, serta bagi daerah-daerah yang kurang terkendali segera lakukan intervensi pengendalian,” ucapnya.

Wabup Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si usai mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 mengungkapkan dari Arahan Mendagri Maka Daerah Mahulu Siap mengikuti Arahan tersebut dengan akan Mengadakan rapat sebulan sekali untuk bisa memonitoring sampai dimana faktor-faktor yang membuat peningkatan Inflasi Daerah.

“Memonitor ini untuk menjamin stok pangan supaya tetap tersedia, sehingga peningkatan konsumsi dan belanja masyarakat ini juga stabil di Mahulu” ucapnya.

Lanjut disampaikan Wabup Drs. Yohanes Avun, M.Si mengatakan Dari Arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan Oleh Mendagri mengajak Kepala Daerah untuk mendorong meningkatkan ketahanan pangan di daerahnya, maka dihimbau Kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar mendorong para petani-petani di Mahulu untuk meningkatkan Hortikultura berupa sayur-sayuran.

“Jadi ini yang perlu didorong oleh DKPP ke masyarakat untuk mencari strateginya gimana, agar para petani kita menanam jangan hanya untuk kebutuhan sendiri tapi berupaya juga menanam untuk dijual,” tutur Wabup.

Selanjutnya Wabup juga Menghimbau kepada Dinas Perhubungan  untuk melaksanakan Percepatan Penyediaan Ongkos Angkut (POA), karena dengan harapan adanya POA ini dapat memperingan ongkos angkut bagi masyarakat di wilayah Mahulu yang ada di hulu riam sungai Mahakam.

“Ya, karena ongkos angkut kesana kan sangat mahal maka ini bisa berpengaruh pada harga barang di dua kecamatan yang ada Hulu riam, maka saya harap POA secepatnya dijalankan agar bisa membantu dalam menjaga kestabilan harga sembako,” ungkap Wabup. (Prokopim/vta/td)

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *